Sertifikasi Kompetensi Keahlian

Sertifikasi Kompetensi Keahlian

Setiap tenaga profesional di bidang konstruksi wajib memiliki SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja) sebagai bukti pemenuhan kualifikasi dan keahlian di bidangnya.

Sertifikat ini di terbitkan oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) Kementerian PUPR RI. Dalam permohonan SBUJK (Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi), perusahaan harus memenuhi persyaratan yang salah satunya adalah tenaga kerja yang kompeten di bidangnya dengan kepemilikan SKK.

Jadi, dari sini saja sudah terlihat pentingnya kepemilikan sertifikat kompetensi konstruksi bagi tenaga profesional dan juga badan usaha. Dalam pengadaan tender, proyek-proyek pemerintah biasanya SKK juga pasti menjadi syarat utama.

sertifikat kompetensi konstruksi

Lalu bagaimana cara mendapatkan sertifikat ini dengan mudah dan cepat? Anda bisa menggunakan jasa pengurusan SKK seperti Jasaku.id sebagai solusinya.

Meskipun secara teknis bukan tidak mungkin bisa di lakukan sendiri, tapi dengan bantuan konsultan Anda tinggal terima beres kalau ada kendala juga akan di bantu sampai semuanya tuntas.

Syarat Permohonan SKK Konstruksi

Barangkali masih ada yang bingung antara bedanya syarat urus SKA, SKT, dan SKK di sini kami bantu perjelas. SKA dan SKT saat ini sudah tidak berlaku di gantikan dengan SKK menurut ketentuan undang-undang terbaru tentang konstruksi.

Jadi fokus utamanya sekarang adalah syarat untuk pengurusan SKK yang terdiri dari beberapa poin berikut ini:

  • Dokumen fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi ijazah
  • Daftar riwayat hidup dan CV
  • Surat pengalaman kerja
  • Pas foto
  • Email aktif

Catatan: Untuk persyaratan tambahan dan dokumen lainnya bisa merujuk pada perizinan.pu.go.id portal SKK.

Penting untuk memastikan semua dokumen persyaratan sudah lengkap sebelum mengajukan permohonan SKK Konstruksi. Hal ini bertujuan agar tidak bolak-balik melengkapi berkas yang tidak lengkap.

Proses Pengajuan SKK Konstruksi di Indonesia (Online)

Permohonan SKK Konstruksi saat ini sistemnya melalui online melalui portal perizinan pu.go.id. Berikut ini kami berikan gambaran umum tahapan pengajuan SKK Konstruksi sebelum Anda melakukan mengurusnya.

1. Pertama, pemohon mengakses portal perizinan pada web portal perizinan.pu.go.id

2. Kemudian, melakukan proses registrasi pemohon melakukan registrasi dan pengisian formulir

3. Selanjutnya, melakukan aktivasi akun melalui email yang sudah di daftarkan sebelumnya

4. Lalu, pemohon login pada sistem yang sudah di sediakan dan memilih layanan "SKK"

5. Setelah itu, pemohon menyelesaikan pengisian data dan informasi yang di butuhkan untuk pengajuan SKK Konstruksi

6. Permohonan akan di proses oleh pusat untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya yang lebih teknis.

Jenjang SKK Konstruksi

Tenaga kerja konstruksi dapat di bedakan menurut level atau jenjang yang telah di tetapkan. Menurut undang-undang yang berlaku, berikut ini beberapa jenjang kompetensi kerja konstruksi menurut kualifikasi dan kualifikasi.

OperatorTeknisi / AnalisTenaga Ahli
Jenjang 1Jenjang 4Jenjang 7
Jenjang 2Jenjang 5Jenjang 8
Jenjang 3Jenjang 6Jenjang 9

Penentuan jenjang ini nantinya akan mempengaruhi kualifikasi pendidikan dari tenaga kerja konstruksi. Sebagai contoh, ada SKK jenjang 7 untuk tingkat ahli muda, jenjang 7 termasuk ke dalam lulusan S1 atau D4 dengan minimal pengalaman kerja 2 tahun.

Semakin tinggi jenjang SKK, maka persyaratan jurusannya lebih tinggi dan tentunya tanggung jawab dalam pelaksanaan proyek lebih besar. Sertifikat Kompetensi Kerja di bidang konstruksi ini berlaku setidaknya 5 tahun dan seterusnya dapat di perpanjang dengan jangka waktu yang sama.

Baca juga: SBU Jasa Konsultansi Konstruksi Klasifikasi dan Pengurusan

Kemudahan Mengurus SKK Konstruksi Melalui Konsultan

Ingin mendapatkan sertifikat kompetensi kerja di bidang konstruksi dengan lebih mudah? Konsultan dari jasaku.id siap membantu, kami akan memberikan solusi pembuatan SKK dengan bidang dan jenjang sesuai kualifikasi Anda.

Penerbitan sertifikat oleh LPJK lewat bantuan konsultan memungkinkan pengurusan SKK lebih mudah dan cepat minim kendala. Sejumlah kemudahan dan manfaat yang nantinya akan Anda peroleh yaitu sebagai berikut:

Pengecekan Dokumen dan Berkas Persyaratan

Untuk mengurangi risiko penolakan berkas, konsultan akan melakukan pengecekan dengan teliti syarat permohonan SKK agar tidak terjadi kendala yang menghambat penerbitan sertifikat kompetensi tersebut.

Proses Online dan Sederhana

Tidak mempermasalahkan jarak, pengurusan SKK konstruksi bisa kami lakukan secara online. Layanan ini tersedia untuk seluruh pekerja konstruksi di Indonesia. Jasaku.id ingin memberikan kemudahan agar tenaga profesional bisa memenuhi syarat sertifikasi dengan mudah. Dokumen persyaratan bisa dikirimkan melalui email.

Baca juga: Berapa Biaya Pembuatan SBU Konstruksi? Ini Penjelasannya

Bimbingan untuk Uji Kompetensi

Untuk memperoleh SKK, tenaga profesional yang bersangkutan mungkin perlu mengikuti uji kompetensi sesuai dengan kebijakan dari LPJK. Untuk meningkatkan peluang kelulusan, maka tentunya perlu adanya bimbingan secara intensif. Kami bisa membantu Anda untuk mempersiapkan hal tersebut, pengarahan langsung dari konsultan yang sudah berpengalaman.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa pembuatan SKK dan layanan sertifikasi lainnya, silahkan hubungi admin Jasaku.id melalui kontak yang tersedia, sekian dan terima kasih.

Scroll to Top